Tuesday, January 12, 2016

TEKNOLOGI MODERN



TEKNOLOGI MODERN
sekarang saatnya sahdi update blog lagi yaa... kali ini tentang
Teknologi telah berkembang pesat hingga sejauh ini, seperti televisi,smartphone, dan berbagai macam jenis gadget lainnya, selain itu teknologi saat ini di support oleh bermacam-macam system operasi sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya sangat memudahkan user untuk memahami cara pengoperasiannya, dari kalangan menangah ke bawah sampai ke kalangan atas, dari remaja, orang tua dan bahkan balita pun banyak yang tidak asing dengan tekhnologi modern.
Teknologi modern dan internet sejatinya sangat membantu dalam efisiensi waktu khususnya ketika berurusan dengan data. Dari proses pengolahan,pengiriman dan penerimaan sangat lebih efisien jika di bandingkan dengan tekhnologi yang dulu, sebagai contoh saja ketika ingin menyampaikan pesan singkat, dulu harus menggunakan surat yang di kirim manual melalui pos yang tentunya memakan waktu, sedangkan teknologi sekarang , cukup menginstall aplikasi seperti BBM,Line dan sebagainya maka akan sangat cepat jika di bandingkan teknologi dulu, selain itu teknologi modern juga lebih mengutamakan kepuasan seperti bisa mengirim suara dan juga gambar (video) dalam waktuitu juga atau lebih sering di kenal streaming.
Tentunya akan sangat lucu jika kita tidak mengetahui bagaimana proses semua itu bisa jadi se-modern itu , apa lagi jika kita termasuk orang-orang yang berkecimpung di dunia computer.
Di mulai dari bagaimana komunikasi jaringan dan data itu ?
tentunya berawal adanya sebuah sumber (computer) yang berfungsi sebagai pengirim data, kemudian data tersebut di pancarkan oleh pemancar (modem) kemudian berlanjut ke system transmisi yaitu bisa berupa jaringan telfon,jaringan GSM yang meneruskan ke penerima suatu pemancar (modem) yang menyampaikan ke tujuan yaitu (server atau computer). Dalam  komunikasi jaringan  pengiriman data membentuk suatu relasi.
Berkaitan dengan data, apa sih data itu dan apa saja sih yang ada di dalam data tersebut ?
data analoginya adalah sesuatu yang
merepresentasikan sesuatu yang memiliki nilai,bisa berupa angka, karakter, symbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi atau gabungan antara beberapa seperti gambar dan bunyi (video). Tentunya tujuan suatu data adalah untuk menghasilkan suatu informasi bagi orang-orang yang memerlukan data tersebut,
Packet switching
sebelum di kirim suatu data di pecah menjadi beberapa paket data dan di kirim melalui jalur yang berbeda , hal ini yang mengakibatkan packet data datangnya belum tentu berurutan, karna tidak adanya jalur khusus dan merupakan tugas penerima untuk mengurutkan paket yang di terima.
Circuit switching
merupakan jalur yang digunakan saat komunikasi berlangsung dan tidak bisa di gunakan oleh data komunikasi yang lain , terkecuali sudah selesai digunakan , sebagai contoh telefon rumah,
Switched - Hub
mengirim suatu packet ke perangkat tertentu ke alamat tujuan sesuai alamat yang di kandung oleh packet (IP address). Sedangkan hub mengirim packet ke banyak perangkat karna tidak memiliki alamat khusus yang di tuju.
Protocol
aturan-aturan yang di buat agar komunikasi bisa sinkron, di pakai untuk berkomunikasi antara entitas – entitas yang ada di dalam system, adapun beberapa element penting dalam protocol, meliputi : (syntax) atau cara menggunakan sesuatu dalam komunikasi data,(semantic) isi atau pesan dari paket, dan menangani error yang terjadi dalam komunikasi data,(timing) mengoptimalkan kecepatan data yang kita buat.
Protokol architecture
yaitu tugas komunikasi di pecah ke dalam modul – modul , meliputi :
transfer file : file transfer modul adalah yang paling dekat dengan user, modul communication service menangani error handling, modul acces jaringan paling dekat dengan network interface logic.
3 layer model
network acces layer (ip) : pertukaran data antara computer dan jaringan tentunya mengandung alamat , bisa jadi meminta tingkat layanan tertentu (khusus) tergantung pada jenis jaringan yang di gunakan.
transport layer : tidak terikat pada jenis jaringan dan aplikasi yang digunakan, bisa jadi menggunakan pengiriman yang handal atau cepat, pengiriman yang handal adalah tidak mementingkan waktu , tapi mementingkan dari kualitas data yang di terima sesuai dengan yang di kirimkan, sedangkan pengiriman yang cepat adalah lebih mementingkan kecepatan data itu di terima dan tidak mementingkan kualitas data yang di transmisikan,
application layer : mendukung untuk penggunaan aplikasi yang berbeda.
Terminology 3 dalam transmisi data
simplex ( satu arah saja ) contohnya : Televisi
half duplex (dua arah tapi satu arah saja yang serentak ) contohnya : radio polisi
full duplex (dua arah pada waktu yang sama ) contohnya : Handphone
Sinyal
berbicara tentang transmisi data , tentu saja tidak terlepas dari hal yang namanya sinyal.
sinyal merupakan representasi data tersebut dalam bentuk besaran listrik seperti tegangan atau arus. Atau bisa di katakan sinyal merupakan penyajiaan data elektrik atau elektromagnetik.
adapun beberapa jenis sinyal, seperti : sinyal (analog dan digital)
Sinyal analog dan sinyal digital
secara analoginya sinyal analog itu adalah nilai yang bersifat continue dalam beberapa interval seperti contohnya : video atau suara,
sedangkan sinyal digital adalah nilainya bersifat diskrit seperti contohnya : integer ,text
Bandwidth dan frekuensi
bandwidth merupakan resourse atau kapasitas lebar jalan yang bisa di lewati dalam transmisi data.
sedangkan frekuensi adalah banyaknya gelombang sinyal dalam satu detik.
Noise dan crosstalk
adapun istilah noise dalam transmisi data , yaitu adanya sinyal yang ikut masuk kedalam sinyal yang dikirimkan sehingga menciptakan frekuensi baru yang tidak di inginkan seperti suara atau pun gambar,
sedangkan crosstalk adalah adanya sinyal yang masuk ke dalam sinyal yang sedang kita gunakan saat komunikasi sedang berlangsung sehingga ada kalanya kita bisa mendengarkan percakapan orang lain.
Antena
adalah kondiktor elektrik yang di gunakan untuk menangkap sinyal.
Teknik pengkodean (encoding) penyandian karakter
analoginya adalah semua karakter di simpan di dalam system penyimpanan 8 bit tapi hanya 7 bit saja yang di pakai , 1 bit nya berfungsi untuk error handling apakah data yang di kirimkan itu terjadi error atau tidak.
Parity
merupakan bit tambahan yang di buat transmisi intuk error check, meliputi even parity (genap) dan odd parity (ganjil) akan di tambahkan suatu nilai ke dalam parity bitm dan untuk mengecek error menggunakan operasi X-or , artinya jika sama maka nilainya Nol , dan jika semuanya bernilai nol maka tidak terjadi error,,
contohnya (1 ‘ 1 = 0) atau (0 ‘ 0 = 0) dalam operasi x-or jika nilainya sama maka Nol.



Terima kasih semoga bermanfaat jangan lupa add saya di facebook SAHDI
salam kompak pujas gereneng

0 comments:

Post a Comment